Pencemaran udara akibat asap pabrik

PENCEMARAN UDARA KARENA ASAP PABRIK DAN CARA PENANGGULANNYA

            Setiap waktukita bernapas. Seorang dewasa rata-rata menghirup lebih dari 3000 galon (11,4 m3) udara tiap hari. Jika udara yang kita hirup tercemar bahan berbahaya dan beracun, akan berdampak serius pada kesehatan kita. Apalagi pada anak-anak yang lebih banyak bermain di udara terbuka dan lebih rentan daya tahan tubuhnya. Pencemaran udara menjadi penyebab smog dan hujan asam, mengurangi daya perlindungan lapisan ozon di atmosfer bagia atad, dan berpotensi untuk turut berperan dalam perubahan iklim dunia. Pencemar udara dapat menyebabkan kanker dan dampak kesehatan yang serius. Salah satu penyebab dari pencemaran udara adalah asap pabrik.

Asap adalah suspensi partikel kecil di udara (aerosol) yang berasal dari pembakaran tak sempurna dari suatu bahan bakar. Asap umumnya merupakan produk samping yang tak diinginkan dari api (termasuk kompor dan lampu) serta pendinginan, tapi dapat juga digunakan untuk pembasmian hama (fumigasi), komunikasi (sinyal asap), pertahanan (layar asap, smoke-screen) atau penghirupan tembakau atau obat bius. Asap kadang digunakan sebagai agen pemberi rasa (flavoring agent) dan pengawet untuk berbagai bahan makanan. Bagi masyarakat yang rumahnya dekat di lokasi pabrik sangat merugikan, sebab asap yang dikeluarkan dari cerobongnya bisa mengotori lingkungan sekitar, udara menjadi kotor dan paru-paru menjadi tidak sehat karena menghisap udara tersebut. Masyarakat telah berupaya keras salah satunya dengan mendatangi pabrik untuk menyaring dan mengurangi asap yang dikeluarkan. Apalagi asap tersebut berwarna hitam pekat hasil dari limbah produksi. Hampir setiap hari diwaktu yang sama asap dikeluarkan, pada awalnya berjumlah sedikit tapi lama kelamaan volumenya semakin banyak. Zat yang terkandung pada asap diantaranya sejumlah senyawa yang sangat berbahaya, seperti . Timbal (Pb), CO (karbon monoksida). Karbon monoksida ialah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna serta lebih mudah bercantum dengan hemoglobin darah berbanding oksigen. Keadaan ini tentu akan menjejaskan keupayaan darah untuk membekalkan oksigen kepada tisu-tisu tubuh. Bagi menampung kekurangan ini, jantung dan paru-paru terpaksa bekerja dengan lebih kuat lagi. Karbon monoksida juga merosakkan dinding arteri dan dengan itu, mendorong berlakunya penyakit jantung dan masih banyak lagi zat lain yang berbahaya.

Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh asap pabrik adalah Asma, Iritasi ringan terhadap mata, Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), Pernapasan akut penyakit termasuk pneumonia, Prematur timbulnya dan penurunan dipercepat pada fungsi paru-paru, Semua gejala utama pernapasan pada orang dewasa, termasuk batuk, berdahak, bersin dan dyspnoea.

Dampak terhadap tanaman adalah tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. Partikulat yang terdeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis. Tugas tanaman adalah memberikan oksigen hasil dari fotosintesis untuk mengurangi kadar karbondioksida dan kadar karbonmonoksida. Tetapi, jika pempecaran tersebut semakin banyak dan jumlah tanaman seperti pohon besar berkurang, maka tak terlalu banyak berpengaruh.

CARA PENANGGULANGINNYA :

Menanam pohon supaya asap dapat diserap pohon dan dinganti dengan oksigen
tidak terlalu sering berada di luar rumah yang sudah tercemari oleh asap pabrik.
Memasang filter dipergunakan dalam ruangan dimaksudkan untuk menangkap polutan dari sumbernya dan polutan dari udara luar ruangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Cara Mengubah Kuota VideoMax Menjadi Regular

Globalisasi